Mengenai Saya

Foto saya
Tangerang, Banten, Indonesia
Mahasiswi dari Universitas Budi Luhur [Broadcast 10

Jumat, 13 April 2012

Harga Minyak Tinggi, Gaji CEO Minyak Melimpah

VIVAnews - Perusahaan minyak terkemuka asal Amerika Serikat, Exxon Mobil Corp. dan Chevron Corp., memberi gaji tahunan yang lebih tinggi kepada eksekutif mereka dibanding tahun sebelumnya. Kenaikan gaji yang dinikmati para bos perusahaan minyak itu diketahui saat harga "emas hitam" tengah melambung tinggi, di atas US$100 per barel, dalam beberapa bulan terakhir. 

Menurut kantor berita Reuters, pendapatan total tahunan yang diterima CEO Exxon, Rex Tillerson, pada 2011 sebesar US$34,9 juta, atau sekitar Rp320 miliar. Pada 2010, upah yang diterima Tillerson sebesar US$29 juta, demikian pernyataan dari Exxon pada Kamis waktu setempat.

Dengan demikian dia naik gaji sebesar 20 persen. Gaji Tillerson meliputi pendapatan dari bursa saham sebesar US$17,9 juta, ditambah dengan bonus dan gaji pokok sebesar US$6,8 juta. 

Kompetitor Exxon, yaitu Chevron Corp., juga memberi gaji tinggi kepada CEO mereka, John Watson. Pada 2011, Watson menerima US$24,7 juta atau sekitar Rp226,5 miliar. Ini merupakan kenaikan sebesar 52 persen dari tahun 2010, yang hanya sebesar US$16,3 juta. Demikian terungkap dari data Chevron.

Watson menerima gaji pokok US$5,6 juta dan sejumlah insentif non ekuitas, pendapatan dari perdagangan saham, opsi, pensiun, dan kompesasi lain.

Naiknya gaji eksekutif perusahaan minyak itu membuat gusar para investor. Kalangan investor Exxon, misalnya, menuntut agar manajemen harus menaikkan pembagian dividen di tengah tingginya harga minyak mentah, dan tidak hanya fokus pada kenaikan gaji eksekutif. Mereka juga mendesak perusahaan agar memanfaatkan keuntungan korporat untuk menggunakan teknologi canggih yang ramah lingkungan dalam pengeboran minyak.

Sementara itu, Exxon dan Chevron akan menggelar pertemuan tahunan dengan para investor pada 30 Mei 2012. Mereka akan secara resmi mendengar permintaan dari para investor masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar